Oleh: agus | Mei 12, 2009

Melamar Kerja

Lamaran yang kita buat memang harus sesingkat mungkin, namun tetap bisa memasukkan semua unsur yang diperlukan seperti disebutkan di atas tadi. Soalnya, pemeriksaan lamaran biasanya dilakukan cepat, serta si pemeriksa hanya melihat hal-hal yang dibutuhkan atau yang jadi persyaratan.

Dengan pertimbangan tui, kemungkinan Anda bisa diterima juga sangat besar, karena menunjukkan kalau Anda merupakan calon pegawai potensial, dengan potensi yang Abda miliki tersebut. Jadi jangan membuat surat lamaran yang membingungkan dengan bermacam-macam keterangan dalam satu bagian.

Setidaknya ada empat bagian penting harus dicantumkan, dan ini surat lamaran yang baik;
Catatan: Tiap kop surat lamaran, biasanya berisi nama, alamat, nomor telepon, serta e-mail. Baru kemudian posisi yang Anda inginnkan.

Panjang

Setiap lamaran/CV sebaiknya jangan sampai melebihi tiga lembar. Lebih baik dua lembar saja.

Lampiran

Tiap sertifikat ijazah, atau surat-surat referensi tidak perlu dimasukkan dalam surat lamaran. Anda harus menunjukkannya saat datang dalam wawancara. Bila memang ingin melengkapi salah satu dokumen akademik, lampirkan ijasah terakhir serta referensi kerja sekarang.

Catatan: Ada beberapa lampiran dokumen harus aslin, bukan dalam bentuk foto copy dan akan dikembalikan bila telah diperiksa.

Sementara soal pas foto, yang paling populer digunakan selama ini memang seukuran pas foto untuk pasport. Namun, soal ukuran ini biasanya ditentukan oleh pemasang iklan. Namun, soal ini biasanya tidak menjadi masalah.

Lamaran Lewat E-mail

Dengan berkembangnya internet, lamaran lewat Internet seperti sekarang juga sangat populer. Dan banyakperusahaan di Indonesia saat ini juga menerima lamaran lewat e-mail ini. Untuk lamaran lewat email ini, Anda juga bisa melampirkan seluruh biodata itu lewat e-mail.

Cover Surat

Kerapian serta bentuk surat ternyata menjadi bagian sangat penting. Memang sih, ada sebagian orang yang menganggap bahwa wawacara merupakan bagian paling menetukan, tidak perduli apakah surat lamarannya baik atau jelek. Padahal dengan membuat lamaran bagus serta keterangan jelas dan singkat, merupakan salah satu bukti keseriusan Anda meraih posisi yang diinginkan.
Jadi bukan hanya wawancara yang penting, bagaimana bentuk surat lamaran kita juga sangat diperlukan. Kombinasi dari keduanya ini sangat ideal, karena akan menjelaskan Anda sebenar-benarnya.

Nah dalan setiap surat lamaran, selalau ada poin-poin penting yang harus diperhatikan, sebagai patokan yang harus selalu mencantumkan;

Pertama, jelaskan bagaimana Anda mengetahui lowongan ini.
Berikan penjelasan singkat mengapa Anda tertarik merih posisi itu, dan kenapa percaya dengan kepamampuan yang Anda miliki.
Mintalan untuk wawancara langsung secara pribadi.
Informasi tentang bagaimana Anda bisa dihubungi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: