Oleh: agus | September 9, 2008

Penampilan Bukan yang Utama Tapi Perlu!

Penampilan Bukan yang Utama Tapi Perlu!
Senin, 4 Peb 2002 08:00 WIB

“Jangan liat penampilannya dong, yang penting kan dalemnya…” Anda tentu pernah mendengar ucapan semacam ini. Memang, sebagian orang menganggap bahwa penampilan luar atau fisik tidaklah penting. Mereka menganggap kecantikan batin dan kecerdasan otak jauh lebih penting.

Hal tersebut memang benar, tapi penampilan fisik juga hal yang tak kalah penting. Karena penampilan berhubungan dengan banyak sisi kehidupan manusia. Bahkan, dalam dunia kerja penampilan menjadi hal yang sangat penting. Kalau otak Anda oke, hasil kerja bagus, tapi penampilan awut-awutan, bau badan kurang sedap, apalagi kalau Anda jarang gosok gigi, wah orang pun ogah mendekati Anda. Jangankan mendekat, melihat aja rasanya ‘sepet’.

So, dalam hal ini jauh lebih penting jika Anda menerapkan keseimbangan. Artinya penampilan lahir (fisik) yang oke harus diimbangi dengan kecerdasan cara berpikir Anda, bertutur kata serta bertingkah laku. Nah menyadari pentingnya arti penampilan sangat, dianjurkan Anda mengetahui cara berpenampilan yang baik di bawah ini:

Berpakaian yang pantas
Cara berbusana yang baik menempati urutan pertama dalam soal penampilan di dunia kerja. Maka berpakaianlah yang pantas, dalam arti tidak melanggar batas kesopanan, sesuai dengan kepribadian Anda, dan yang penting gunakan pakaian yang bersih dan rapih. Jangan gunakan pakaian yang sama lebih dari sehari. Dan jangan samakan pakaian untuk ke pesta dengan ke kantor apalagi dengan pakaian rumah.

Perhatikan tatanan rambut
Pakaian keren tapi rambut berantakan, nggak disisir dan bau wah sama aja boong. Makanya sisirlah rambut Anda dengan baik. Bagi yang cowok ada baiknya merapikan rambut sebulan sekali. Dan bagi cewek cowok, mencuci rambut dengan shampoo wajib hukumnya, biar rambut Anda bersih dan senantiasa wangi. Jangan lupa menata dan menyisirnya dengan baik saat akan berangkat kerja. Tapi untuk menjamin kerapihan rambut Anda, bawalah bekal sisir dalam tas Anda. Sehingga Anda bisa menyisirnya setiap kali rambut Anda berantakan.

Kebersihan tubuh
Menjaga kebersihan tubuh wajib hukumnya. Jangan pernah mengabaikan masalah ini. Mandi dan bersihkan tubuh Anda paling tidak sehari dua kali. Jangan sampai rekan-rekan dan bos Anda menjauh hanya karena bau tubuh Anda yang mengganggu. Lagipula menjaga kebersihan tubuh berarti juga menjaga kesehatan bukan?

Kebersihan mulut
Perhatikan dengan cermat bau nafas Anda. Karena sangat memalukan jika Anda berbincang-bincang dengan klien tapi nafas Anda tak sedap. Bisa-bisa proyek kerjasama dan transaksi gagal total gara-gara bau mulut, rugi banget kan? So, gosoklah gigi Anda minimal dua kali sehari. Dan perhatikan kebersihan gigi Anda setiap kali selesai makan. Jangan sampai masih ada cabe merah menyelip di salah satu gigi Anda.

Rias wajah
Bagi wanita, riasan wajah cukup menunjang penampilan Anda. Paling tidak, Anda bisa merias wajah Anda sepantasnya. Jangan terlalu menor atau medok. Yang penting wajah Anda bersih dan enak dipandang dengan dibubuhi bedak dan lipstik secukupnya. Bagi pria mungkin hanya perlu memperhatikan kebersihannya, jangan terlihat kusam dan berdebu.

Nah petunjuk standar tentang penampilan di atas, bisa menjadi acuan bagi Anda dalam berpenampilan. Tentu saja, Anda harus melengkapinya dengan ketrampilan dan kemampuan kerja, cara bergaul, berkomunikasi yang oke dan kemampuan menjaga hubungan baik dengan rekan-rekan dan lingkungan. Percaya deh, kalau Anda menerapkan Anda akan jauh lebih good looking. Dan yang jelas, semua ini sangat menunjang lajunya karir Anda. Sukses untuk Anda..!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: