Oleh: agus | September 16, 2008

SMS UCAPAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI ( LEBARAN )

Beberapa hari yang lalu saya mendapat email dari teman saya yang isinya pesan -pesan pendek yang biasa di pakai buat mengucapkan selamat lebaran  berikut ini emailnya :

Kalimat – kalimat atau Pesan , pantun, puisi kata-kata buat SMS saat Idul Fitri Nanti.

Jadi saya sudah nggak perlu kirim SMS lagi ya….. He he he

Maapin segale kekurangan, kesalahan, khilaf ane & keluarge ye…..

* * * * * *

Kata telah terucap, tangan telah tergerak, prasangka telah terungkap,
Tiada kata, Kecuali “saling maaf” jalin ukhuwah & kasih sayang raih
indahnya kemenangan hakiki, Selamat Hari Raya Iedul Fitri

Selamat Hari …… ,
Marilah Kita saling mengasihi n memaafkan…
Ku tau kau telah banyak berbuat salah Dan dosa kepadaku, sering meminjam
duit n Ga ngembaliin, pake motor Ga pernah isi bensin, tapi tak usah
risau… Ku t`lah memaafkanmu. ..

” Sepuluh jari tersusun rapi.. Bunga melati pengharum hati .. SMS dikirim
pengganti diri… Memohon maaf setulus hati … Mohon Maaf Lahir Dan Batin
.. Met Idul Fitri …

Andai jemari tak smpt berjabat,andai raga tak dpt b’tatap
Seiring beduk yg mgema,sruan takbir yg berkumandang
Kuhaturkan salam menyambut Hari raya idul fitri,jk Ada kata serta khilafku
membekas lara mhn maaf lahir batin.
SELAMAT IDUL FITRI

Mawar berseri dipagi Hari
Pancaran putihnya menyapa nurani
Sms dikirim pengganti diri
SELAMAT IDUL FITRI
MOHON MAAF LAHIR BATHIN

Sebelum Ramadhan pergi
Sebelum Idul fitri datang
Sebelum operator sibuk
Sebelum sms pending mulu
Sebelum pulsa habis
Dari hati ngucapin MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Jika HATI sejernih AIR, jangan biarkan IA keruh,
Jika HATI seputih AWAN, jangan biarkan dia mendung,
Jika HATI seindah BULAN, hiasi IA dengan IMAN.
Mohon Maaf lahir Dan batin

Menyambung kasih, merajut cinta, beralas ikhlas, beratap DOA.
Semasa hidup bersimbah khilaf & dosa, berharap dibasuh maaf.
Selamat Idul Fitri

Melati semerbak harum mewangi,
Sebagai penghias di Hari fitri,
SMS ini hadir pengganti diri,
Ulurkan tangan silaturahmi.
Selamat Idul Fitri

Sebelas bulan Kita kejar dunia,
Kita umbar napsu angkara.
Sebulan penuh Kita gelar puasa,
Kita bakar segala dosa.
Sebelas bulan Kita sebar dengki Dan prasangka,
Sebulan penuh Kita tebar kasih sayang sesama.
Dua belas bulan Kita berinteraksi penuh salah Dan khilaf,
Di Hari suci nan fitri ini, Kita cuci hati, Kita buka pintu maaf.
Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir Dan batin

Andai jemari tak sempat berjabat.
Jika raga tak bisa bersua.
Bila Ada kata membekas luka.
Semoga pintu maaf masih terbuka.
Selamat Idul Fitri

Faith makes all things possible.
Hope makes all things work.
Love makes all things beautiful.
May you have all of the three.
Happy Iedul Fitri.”

Walopun operator sibuk n’ sms pending terus,
Kami sekeluarga tetap kekeuh mengucapkan
Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir Dan batin

Bila kata merangkai dusta..
Bila langkah membekas lara…
Bila hati penuh prasangka…
Dan bila Ada langkah yang menoreh luka.
Mohon bukakan pintu maaf…
Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin

Fitrah sejati adalah meng-Akbarkan Allah..
Dan Syariat-Nya di alam jiwa..
Di dunia nyata, dalam segala gerak..
Di sepanjang nafas Dan langkah..
Semoga seperti itulah diri Kita di Hari kemenangan ini..
Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin

Waktu mengalir bagaikan air
Ramadhan suci akan berakhir
Tuk salah yg pernah Ada
Tuk khilaf yg sempat terucap
Pintu maaf selalu kuharap
Met Idul Fitri

Walaupun Hati gak sebening XL Dan secerah MENTARI.
Banyak khilaf yang buat FREN kecewa,
Kuminta SIMPATI-mu untuk BEBAS kan dari ROAMING dosa
Dan Kita semua hanya bisa mengangkat JEMPOL kepadaNya
Yang selalu membuat Kita HOKI dalam mencari kartu AS
Selama Kita hidup karena Kita harus FLEXIbel
Untuk menerima semua pemberianNYA Dan menjalani
MATRIX kehidupan ini…Dan semoga amal Kita tidak ESIA-ESIA…
Mohon Maaf Lahir Bathin.

Satukan tangan,satukan hati
Itulah indahnya silaturahmi
Di Hari kemenangan Kita padukan
Keikhlasan untuk saling memaafkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Mohon Maaf Lahir Batin

MTV bilang kalo MO minta maap g ush nunggu lebaran
Org bijak blg kerennya kalo mnt maap duluan
Ust. Jefri blg org cakep mnt maap gk prl disuruh
Kyai blg org jujur Ga perlu malu utk minta maap
Jd krn Mrs anak nongkrong yg jujur, keren cakep Dan baek
Ya gw ngucapin minal aidzin wal faizin , mohon maaf lahir Dan batin ..

Dan jangan lupa bagi yang mudik bawa uang yang banyak  kalau gak rupiah ya dolar.. hehehe,…

About these ads

Responses

  1. bismillah
    hihihi, btw, ucapan “minal aidzin wal faidzin’ itu apa bener artiya : mohon maaf lahir dan batin, and apa bener ada tuh contohnya ngucapin kalimat tsb dari Rasul or para sahabat?
    jangan sampe, kita beramal tapi ternyata nggak ada contohnya, betul nggak?
    Met Puasa aja deh, moga istiqomah ampe Idul Fitri nanti!

    • yg pnting niatnya aj bro..

      • betul yang penting yang tulus untuk saling memaafkan..

      • Ucapan ini: Selamat Hari Raya Idul Fitri, Taqobalallahu Minnaa wa Minkum, Minal ‘Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Batin, merupakan ucapan yang biasa disampaikan dan diterima oleh kaum muslimin di hari lebaran baik melalui lisan ataupun kartu ucapan idul fitri. Ada dua kalimat yang diambil dari bahasa arab di sana, yaitu kalimat ke dua dan tiga. Apakah arti kedua kalimat itu? Dari mana asal-usulnya? Sebagian orang kadang cukup mengucapkan minal ‘aidin wal faizin dengan bermaksud meminta maaf. Benarkah dua kalimat yang terakhir memiliki makna yang sama?

        Para Sahabat Rasulullah biasa mengucapkan kalimat Taqobalallaahu minnaa wa minkum di antara mereka. Arti kalimat ini adalah semoga Allah menerima dari kami dan dari kalian. Maksudnya, menerima amal ibadah kita semua selama bulan Ramadhan. Para sahabat juga biasa menambahkan: shiyamana wa shiyamakum, semoga juga puasaku dan kalian diterima.

        Jadi kalimat yang ke dua dari ucapan selamat lebaran di atas memang biasa digunakan sejak jaman para Sahabat Nabi hingga sekarang.

        Lalu bagaimana dengan kalimat: minal ‘aidin wal faizin? Menurut Quraish Shihab dalam bukunya Lentera Hati, kalimat ini mengandung dua kata pokok: ‘aidin dan faizin (Ini penulisan yang benar menurut ejaan bahasa indonesia, bukan aidzin,aidhin atau faidzin,faidhin. Kalau dalam tulisan bahasa arab: من العاءدين و الفاءيزين )

        Yang pertama sebenarnya sama akar katanya dengan ‘Id pada Idul Fitri. ‘Id itu artinya kembali, maksudnya sesuatu yang kembali atau berulang, dalam hal ini perayaan yang datang setiap tahun. Sementara Al Fitr, artinya berbuka, maksudnya tidak lagi berpuasa selama sebulan penuh. Jadi, Idul Fitri berarti “hari raya berbuka” dan ‘aidin menunjukkan para pelakunya, yaitu orang-orang yang kembali. (Ada juga yang menghubungkan al Fitr dengan Fitrah atau kesucian, asal kejadian)

        Faizin berasal dari kata fawz yang berarti kemenangan. Maka, faizin adalah orang-orang yang menang. Menang di sini berarti memperoleh keberuntungan berupa ridha, ampunan dan nikmat surga. Sementara kata min dalam minal menunjukkan bagian dari sesuatu.

        Sebenarnya ada potongan kalimat yang semestinya ditambahkan di depan kalimat ini, yaitu ja’alanallaahu (semoga Allah menjadikan kita). Jadi selengkapnya kalimat minal ‘aidin wal faizin bermakna (semoga Allah menjadikan kita) bagian dari orang-orang yang kembali (kepada ketaqwaan/kesucian) dan orang-orang yang menang (dari melawan hawa nafsu dan memperoleh ridha Allah). Jelaslah, meskipun diikuti dengan kalimat mohon maaf lahir batin, ia tidak mempunyai makna yang serupa. Bahkan sebenarnya merupakan tambahan doa untuk kita yang patut untuk diaminkan.

        Wallahu a’lam.

      • Yang penting Niatnya..
        Bukan kerena Ampaunya Lo..
        WARNING..!!!
        Hehehe

  2. Aku tambah satu ya!
    Met Idul Fitri 1429 H,
    Bila mata salah pandang;
    Mulut salah dendang;
    Tangan salah pegang;
    Kaki salah tendang;
    Kuping salah dengar;
    Hidung salah endus; Ya,…dengan kerendahan hati, Mohon dimaafkan semua kesalahan ku,

    • ku lagi btuh tman tuk curhat ne…….
      bpak mw ga jdi tman curhat ku???

  3. asslm, , kalau boleh menanggapi pertanyaan hanif di atas, , yang saya tahu ucapan “minal aidzin wal faidzin” itu hanya diucapkan oleh ,masyarakat Indonesia saja.saya juga tidak, eh belum tahu siapa yang memulai mengucapkannya, juga apakah di contohkan oleh Rosul atau tidak. jadi saya juga sama – sama ingin tahu. tapi di negara – negara lain, bahkan di Timur Tengah pun ketika idul fitri tiba, mereka hanya mengucapkan selamat saja tidak di sertai dengan saling meminta maaf. tapi disamping mengucapkan selamat, mereka juga saling mendoakan. pasti sudah tahu kan apa doanya? ya,ketika hari raya idul fitri mereka akan saling mengucapkan
    “taqobbalallahu minna wamingkum, shiamana wa shiamakum” yang artinya kalau tidak salah “semoga Allah menerima ibadah shaumku dan shaummu” (kalau ada yang salah harap segera koreksi, makasih). di negara kita juga membudayakan itu, hanya di Indonesia itu selalu disertai dengan kalimat “minal aidzin wal faidzin”. sementara di negara lain tidak. wasslm, ,

  4. Taqobbal Allohu minna wa minkum,
    shiyamana wa shiyamakum..

  5. gw copy satu ahhh.. boleh ya?? entar gw pajang di friendter gw.. hehe :D

    salam kenal… selamat lebaran… mudik gak??

    main balik yaa..

  6. Kata SMS nya kreatif euyh..
    Menyentuh hati..
    Selamat menunaikan ibadah puasa..

  7. numpang ngisi. kunjungi blog-ku, ya…….

  8. whakakakawwakhwakhawkhwakhwkkwa…
    keren..
    contek aahhh…

  9. good… ntar pasti ta kirim salah satunya k temen2 thanks ya…
    salam kenal

  10. Makasih atas template greetingsnya.

  11. @1 plis deh… bid’ah ni maksudnya…

    • masa si u ga tau maksudnya

  12. wawaw

  13. Bismillah…
    Assalamu’alaikum.
    makasih atas tanggapannya.
    Kayaknya sih ucapan ‘taqoballallahu minna waminkum’ itu bukan dari Rasulullah juga. Tapi, ada riwayat dari beberapa sahabat.
    Begitu, terima kasih….
    Barakallahu fiikum

  14. Ya udahlah yang gak mau ucapin minal aidin wal faidzin juga gak apa2.Ucapan itu kan sama dengan do’a dan rasulullah juga selalu mendoakan umatnya. Tanks ya..di blog ku juga ada sapa yang mau nambah koleksi boleh kok mampir. Jangan lupa tinggalkan koment ya..Thx.

  15. Assalamu’alaykum,

    Sebagai tambahan info, ucapan lebaran yg diajarkan Rasulullah ketika Idul Fitri

  16. biasa biasa saja, tidak ada istimewanya. kata kata lebih simpel juga bisa diperguanakan untuk ucapan lebaran seperti, “Mat leberan minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir lahir dan batin” gitu aja kok repot

  17. Kami paramedis di puskesmas kumun kerinci jambi mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri buat masyarakat Kumun Debai khususnya dan masyarakat Kerinci umumnya, baik di Jambi maupun di perantauan. Mohon maaf lahir dan batin.
    Tertanda,
    Kapus Kumun

  18. kereeeeeeeeeeennnn….met lebaran ya…. :lol:

  19. boleh ngopy ucapannya dong…

  20. aqobbalallahu minna wamingkum, shiamana wa shiamakum” yang artinya kalau tidak salah “semoga Allah menerima ibadah shaumku dan shaummu” (kalau ada yang salah harap segera koreksi, makasih)

  21. ass.wr wb
    terimakasih telah berbagi kebaikan,selamat idul fitri jaga diri biarkan hati tetap suci.
    wss

  22. Slama kita masih di beri umur, tak luput dari kesalahan. Maka dari itu
    MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.

  23. ..selamat merayakan hari kemenangan yang fitri

    hanya ini yang bisa diberikan buat fren sekalian yang merayakan Lebaran

  24. bagus lah
    okay lah
    semangat lah
    lebaran lah
    heu…lah :D

    • Hae bro, Aq mau tanya, kamu tinggal di mana..? And your school class brp…?
      WALAUPUN I DON’T KNOW YOUR,but sy mau ngucapin selamat hr raya idul fitri mohon maaf lahir dan bathin.
      From;MUNIR

      • dijkt bro, sudah tidak sekolah nih.. ndak ada biaya lagi :)

  25. ‘minal aidzin wal faidzin’ itu artinya bukan mohon maaf lahir dan batin!

    itukan pantun bro.
    minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin.

    kalo artinya sndiri,
    “Dari kejayaan dan kemenangan”

    *klo g salah.. :D:D:D

  26. Saya sering sekali berkata kata yang tidak semuanya indah, kadang saya salah, mungkin riya, mungkin sedikit dusta … dan saya mohon untuk dimaafkan segala kesalahan saya yah :)

    Minal aidin wal faidzin … maafkan saya lahir dan batin karena beginilah kewajiban kita sebagai hamba untuk meminta maaf dan memberi maaf.

    Rindu [a.k.a -Ade-]

    • mungkin aku salah jika berkata kamu cantik, tapi serasa tidak karna emang ia. dari itu aku mohon di mafin salah dan dosaku, kuucapkan selamat hari raya idul fitri. Minal aidin wal faidzin…mohon maaf lahir dan batin….

  27. Weleh ada yang comment serius amet…kalau pada jaman rasul ada teknologi sms, kemungkinan besar sms an juga kali. Maksudnya janganlah ‘meniru’ habis jaman rasul.SMS lebaran bagus bila memang tidak sempat bertemu.Ambil baiknya.

  28. ngopi satu ya! he2

  29. simamat makan teri,ditaro diatas visin,met idL fitri ,mohon ma’f lahir batin!

  30. KRENS

  31. Hade Euy…. Salut.

  32. sebentar lagi mau lebaran lagi ,,mohon maaf lahir bati ya….

  33. indah

  34. weeeeh weh weeeeh bagus semua kate2 nye gw mau tambah ya

    suara beduk menggeme,suara takbir berkumandang
    banyak dosaku padamu….tapi jangan lupa kau juga banyak dosa ama ane,,,,jadi mari kita saling memaaf maafkan yeeeee
    mohon maaf lahir batin yeeee

    • sama2 bro saya juga minta maaf jika ada salah kata :)

  35. Alus,,,Aluss,,!!!

    • hatur nuhun :D

  36. Sebagai warga negara yg baek,oke dech gw salut atas karya anak bangsa ini

    • makasih kang asep, Merdeka !! hee..

  37. Terima Kasih semua sudah mampir di blog saya, semoga bermanfaat … Amin

  38. good2 your’s best of the best. q jg mw nmbha ahyh………

    sEb3lum ajal menj3mPut,..
    S3bElUm mat4 t3rtu2p,..
    smw makhluq CipT4nX b3r Tsabih, B3r Dzikir, Bersujud pd-Nya,..
    ta’ laen hanya tuk m3nghrp Ridho-Nya,..
    Q ucapin “TAQOBALLAHU MINNA WAMINKUM SHIAMANA WA SHIAMIKUM, TAQOBBAL YA KARIM, JA’ALNALLAHU WA IYYAKUM MINAL ‘AIDIN WAL FAIZIN WAL MAQBULIN, Amiennn………..

    • thanks bro… auto approve deh bonusnya hehe

  39. minta satu..eh dua ding..buat sms bossku

    • silahkan mas bowo dan terima kasih sudah mampir nih

  40. aq gabisa buat kaliMat yg puitis,,kaRna aq buKaN pujanGga..so
    Apapun kalimatnya yang pentingkan maknanya,
    SELAMAT IDUL FITRI
    MOHON MAAF LAHIR BATIN

    • Betul sekali, yang terpenting memang dari hati kita sendiri yang benar-benar tulus dan ikhlas memaafkan segala salah dan kekhilafan secara lahir bathin,.. makasih sudah mampir di blog saya

  41. contek aahh :)

  42. bangun lagi,,,,tidur lagi.
    bangun lagi,,,,saur lagi.
    Saurrrrrrr,,,,,tidur lagi.
    hoeee!!! bangun,dr pd tidur mending ngucapin met hari raya idul fitri.
    q suka ucapan diatas,mksh ya q jd bs kreatif.

  43. cayoo broW……
    aDa baKat nich…..

    • bakat apa nih bro :D

  44. krang bgus ah…..

  45. Gue copy paste satu ah…

  46. minal adzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin

  47. minal adzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin

  48. @bayu oh ya, bantu cari ide lagi donk bro biar tambah mantap :)
    @taufiq yakin nih cuma satu heeee…
    @n3mo and bagus = minal adzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin juga :)

  49. Assalamualaikum…
    Seiring Takbir Berkumandang..
    Seindah kita Bermaaf-maafan…
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H..
    Minal Aidzin Wal Faidzin …
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin….

  50. thanks atas koleksi sms nya, semoga tahun depan koleksinya semakin banyak…..

    • rencananya begitu bro tahun depan akan saya update lagi :) makasih ya dah mampir

  51. thx U very mUch aTas sMuaNya…
    kRn aNda sUdah beRbagi kBaikan dGn aNe…
    sYukran katsiran ‘ala risaalatik….

  52. Great j0b…
    I like it… ^_^

  53. ok dah kata2x cuaem deh…hahaha
    met hari raya idul fitri 1430 H..mohon maaf lahir n batin yow!!!

  54. Tanks atas kata2 nya aku jd bingung pilihnya nih, tapi copy satu deh buat kirim2 ke temen2… minal aidin wal fsizin ya.. mohon maaf lahir dan bathin

  55. terimakasi kamu telah bantu saya

    • sama2 terima kasih sudah mengunjungi blog saya

  56. minal adin walfaizin mohon maaf lahir batin

    ZEFEN ZAPO

  57. kalimat’a kga da yg lain tch
    bzen

  58. Bikin yang lebih bagus lagi ya……

  59. Terima kasih atas info kata ucapan hari raya idul fitri

  60. nambahin ah:

    kembar mawar sungguh lah indah
    di tengah taman jadi hiasan
    Harum Lebaran tercium sudah
    salah dan khilap mohon di maafkan

    makan roti ambil berlari
    bersihkan hati sucikan sucikan diri..

    untuk semua:

    Selamat hari raya idul fitri 1432H
    Minal aidzin wal faidin
    taqobbalallahu minna wa mingkum
    shiamana wa shiamakum

    izin kupas yaa..

  61. ane copy ya gan.. thanks…

  62. w kopy st yua….buat seseorng yg pernah aku lukai..makasih

  63. trima kasih atas ucapan hari raya idul fitri nya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: